Searching...
Jumat, 28 Maret 2014

Memperbaiki Foto dan Deskripsi Tidak Muncul Saat Share di Facebook

Malam ini ada aduan tentang url artikel yang tidak bisa menampilkan gambar dan deskripsi singkat saat dishare di Facebook. Apakah ada yang salah dengan script website ataukah servernya ? Untuk analisa sejauh ini Aku belum periksa :), tetapi setelah searching di Google Search Engine akhirnya nemu juga cara agar deskripsi dan gambar bisa kembali muncul saat dishare di Facebook. Tengok gambar dibawah ini.

Contoh artikel yang sebelumnya tidak menampilkan gambar dan deskripsi difacebook:
http://ibcfm.com/2014/03/tipe-utang-yang-harus-diwaspadai/
artikel-share-difacebook-tidak-tampil-deskripsi-gambar

Langkah singkat:
1. Akses Facebooj Debugger.
2. Masukkan url link artikel yang bermasalah.
3. Klik Debug dan tunggu sampai proses selesai.
4. Coba cek dengan cara share ke Facebook.
5. Selesai.

Berikut langkah detailnya. Cara memperbaiki foto dan deskripsi diatas ialah dengan akses Facebook Debugger . Setelah itu, masukkan url link yang bermasalah di form "Masukkan URL, Access Token, atau ID Tindakan Open Graph" dan klik Debug seperti gambar dibawah ini:
form-facebook-debugger

Kemudian hasil debug akan tampil beberapa detik tergantung koneksinya mas bro mas bro semua :) . Hasilnya kira-kira seperti ini:
hasil-debug-di-facebook

Nah, setelah debug url linknya sudah selesai monggo dicoba share ke Facebook lagi. Aku coba sih sudah bisa sesuai gambar ini-ni:
artikel-share-difacebook-sudah-tampil

Monggo, selamat mencoba semoga bermanfaat :)

NB: Pada saat debug sempat gagal dan muncul error Timeout atau apalah, dicoba beberapa saat lagi dan sampai bisa yakk. Pengalamanku kemarin seperti itu, sempat gagal debug dan setelah dicoba kedua kalinya ternyata bisa. Alhamdulillah . . .

2 komentar:

 
Back to top!