Searching...
Kamis, 22 Mei 2014

Meningkatkan Performa Website Menggunakan Mod_deflate


Performa website atau orang sering menyebutkan dengan istilah kecepatan akses website. Kecepatan akses website sangat menentukan pengunjung ingin kembali lagi atau tidak. Website yang kencang "enteng" saat diakses dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung website tersebut. bagi web developer, ini sangat menentukan dimana kepercayaan publik terhadap hasil karya mereka akan memuaskan atau tidak selain beberapa hal lain tentunya.

Ada banyak trik yang dapat dipelajari untuk meningkatkan performa website, seperti kompresi, caching, cdn, eTag, dan lain lain. Salah satu trik yang mudah menurut saya adalah kompresi file-file seperti CSS, JavaScript, dan HTML menggunakan mod_deflate.

Pengertian Mod_deflate
Mod_deflate adalah sebuah teknik di mana web server kita memungkinkan untuk melakukan transfer file (biasanya file css, javascript, atau file teks lainnya) dalam kondisi terkompresi sehingga file yang dikirimkan akan lebih kecil. Teknik ini membuat besar file yang di download menjadi lebih kecil dan tidak memakan bandwidth.

Mod_deflate (yang menggunakan sistem kompresi gzip) ini bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa baris pada file .htaccess. Hasil yang akan diperoleh dengan melakukan kompresi ini adalah waktu loading website anda yang lebih cepat sehingga pengunjung tidak perlu lama menunggu untuk melihat keseluruhan website Anda. Kompresi gzip ini bisa mengurangi ukuran file hingga 10% dari ukuran sebelumnya. Dengan teknik ini performance website anda akan meningkat secara drastis. sumber: yudatama.com

Untuk melakukan kompresi gzip dengan mod_deflate bisa dilakukan dengan menambahkan kode berikut ke dalam file .htaccess anda:
SetOutputFilter DEFLATE
AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript 

Setelah selesai, silahkan direflesh websitenya dan untuk melakukan test bisa dari situs gtmetrix.com atau yang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!