Searching...
Selasa, 25 November 2014

Gunung Merapi Purba Nglanggeran - 700 mdpl

Pagi itu mendung dan gerimis namun tidak berlangsung lama. Rencana dihari sebelumnya yang ingin pergi ke Gunung Purba di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul sempat tertunda, tertunda sejamanlah [sekitar satujam] karena gerimis itu. Sambil menunggu gerimis reda mendingan sarapan bubur dulu :) . Pas gerimis mulai mereda semangkok bubur sudah habis disantap, Aku memulai perjalanan singkat disana. Waktu dicek dengan Google Maps perjalanan kira-kira 25 menit, tapi kenyataanya lebih :(, mungkin karena lampu merah, jalan padat, tur pite mlaku yo ora banter-banter. [id wikipedia]

Tidak seperti biasa-biasanya Aku langsung menemukan lokasi yang dimaksud, dengan sekali tanya dan memang sudah benar juga jalurnya menuju ke G. Purba Nglanggeran singkatnya Aku sampai disana.

Ada dua tempat yang dari awal pengen Aku kunjungi, Embung Nglanggeran dan G. Merapi Purba itu sendiri. Dua tempat ini tidak begitu jauh jaraknya.

1. Embung Nglanggeran adalah tempat pertama yang dikunjungi. Danau kecil buatan tangan sepertinya karena ada seperti terpal sebagai lapis bawah. Waktu itu airnya tidak sebanyak yang Aku pikirkan dan tidak sehijau yang ada di google :( . tapi lumayan mengobati penasaranku selama ini.

Viewnya bagus hlo buat pre wedding atau yang suka fotografi, nggak tahu arah jadi sedikit sulit menuangkan dengan kata-kata. Aku kasih gambarnya saja deh..

aku-dan-gunung-merapi-purba-dibelakangku
Aku & Gunung Merapi Purba Dibelakangku

embung-langgeran-wonosari
Peringatan: Embung Langgeran Wonosari
 2. Selesai dari sana, Aku pergi ke Gunung Purba yang berjarak tidak jauh dari Embungmya, tapi masuknya bayar tiket juga. Dari lokasi tiket sampai ke puncak yang Aku tuju kira-kira sejam - dua jam dan ini sudah santai. Ada tempat keren jalur mendaki gunung itu, jalurnya sempit hanya muat satu orang. Jadi tidak bisa simpangan yang dari atas atau dari bawah. Eh, tapi jalur naik dan turun ada sendiri hlo jadi kecil kemungkinan yang dari atas juga lewat sini :P

tangga-naik-puncak-gunung-purba
Tangga Naik Puncak Gunung Purba - Instagram
Sudah puas diatas langsung cuss turun. Merasa lapar karena paginya hanya sarapan bubur, pas turun kakiku gemeteran :D takut kalau sampai jatuh trus jadi apa. Tidak selama naik, turun dari atas ke bawah hanya beberapa puluh menit saja, Sholat Dhuhur terus makannnnnnnnnnnnnnn.

Selamat tinggal Gunung Merapi Purba, Aku datang untuk kembali lagi.

Sebenarnya hari itu tidak hanya ke Nglanggeran tujuanku. Tujuan yang lain adalah ke Candi Ratu Boko dan sebagai pemanasa sebelum Pendakian G. Merbabu beberapa hari setelah itu. Akan Aku post di artikel selanjutnya :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!