Searching...
Sabtu, 30 Januari 2016

Buku Bukan Lagi Sebagai Jendela Dunia

buku masih jendela dunia quote

Sudah sejak dulu kita ketahui buku adalah jendela dunia. Pertama kali tahu buku adalah jendela dunia pada waktu Sekolah Dasar [SD]. Buku seperti sebuah pintu ajaib yang bisa untuk melihat apa saja dan dimana saja di seluruh dunia. Menurutku juga demikian. Karena dengan membaca buku kita tahu banyak hal. Seperti kebudayaan, sejarah, geografi dan lainya. Hanya dengan bekal buku kit bakal tahu banyak hal.

Paling tidak sampai beberapa waktu yang lalu saya menyakini bahwa buku masih jendela dunia. Sampai internet membumi dan sampai kepelosok, buku bukan lagi jendela dunia. Mengapa demikian, karena dengan adanya internet dunia serasa ada digenggaman. Mirip lagunya Ahmad Dhani. Hehee.

Dengan Handphone murah sekalipun beserta paket internetnya, dunia sudah bisa kita genggam.

Tetapi, bagi pecinta buku. Buku tetap tiada tandinganya. Buku masih banyak penggemar walaupun sedikit demi sedikit tergerus oleh perkembangan jaman yang mulai beralih ke perangkat digital,  e-book misalnya yang serba praktis.

Tetapi buku menurutku masih punya kelebihan. Saya bisa membaca buku puluhan lembar dalam satu hari, tapi tidak bisa bertahan lama membaca artikel di website dalam waktu yang lama. Maksudnya selalu merasa jenuh setelah beberapa menit membaca, buru-buru ingin cepat pada baris terakhir dan sebagainya.

Bagi yang suka sejarah terutama sejarah Islam, pasti tahu wahyu yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad SAW adalah perintah membaca [iqra] dari Malaikat Jibril di Gua Hira pada waktu itu.

Pertama, bacalah ayat-ayat Allah sebagai kalamullah yang termaktub dalam Al Qur’anul Karim (Ayat Qauliyyah). Kedua, bacalah ayat-ayat Allah yang tercipta dan terbentang di alam semesta (Ayat Kauniyah).

Dibawah ini beberapa Quote tentang buku dan membaca:

"Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi.”
—Dr. Seuss

"Harta karun di dalam sebuah buku lebih banyak daripada hasil rampasan di seluruh kapal bajak laut Pulau Harta.." (There is more treasure in a book than in all the pirate's loot on Treasure Island)
― Walt Disney

"Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya."
― Ali Bin Abi Thalib

Saya bermimpi punya koleksi banyak buku di rumah dan perpustakaan mini untuk saya baca dan untuk anak-anaku kelak. :v

Yogyakarta, 30 Januari 2016


Rudiharto

9 komentar:


  1. Thank You for such amazing information.This is one of the best sites which provide all the details of related topics.
    Examhelpline.in

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing such great information. This is one of the best sites which provide all the details of relevance to topics.
    careinfo.in

    BalasHapus
  3. Thank you for giving us such kind of information. This is one of the best sites having all the details.
    carebaba.com

    BalasHapus
  4. good description of the all relevant information.
    Examhelpline.in

    BalasHapus

 
Back to top!